Rencana Pelaksanaan Pembalajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : VIII / II
Materi Pokok : Balok
Waktu : 1 x 40 menit
A. Standar Kompetensi
5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
B. Kompetensi Dasar
5.3 Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas
C. Indikator
1. Menyebutkan unsur-unsur balok
2. Menemukan kembali rumus luas permukaan balok
3. menemukan kembali rumus volume balok
D. Materi Pokok dan Uraian Materi
1. Pengertian balok
2. Unsur-unsur balok
3. Pembuktian rumus luas permukaan balok
4. Pembuktian rumus volume balok
E. Pengalaman Belajar
1. Mengenal unsur-unsur balok
2. Mendiskusikan pembuktian luas permukaan balok
3. Mendiskusikan pembuktian volume balok
4. Menyelesaikan masalah luas dan volume balok
5. Melatih logika dengan permainan balok yang sederhana
Materi :
1. sebelum memulai pembelajaran tentang balok, siswa dibantu guru mengingat kembali pengertian bangun ruang dan apa saja sih bangun ruang sisi datar itu.
Bangun Ruang Sisi Datar
Bangun ruang adalah bangun matematika yang mempunyai isi ataupun volume.
Bagian-bagian bangun ruang, antara lain:- Sisi: bidang pada bangun ruang yang membatasi antara bangun ruang dengan ruangan di sekitarnya.
- Rusuk: pertemuan dua sis yang berupa ruas garis pada bangun ruang.
- Titik sudut: titik hasil pertemuan rusuk yang berjumlah tiga atau lebih
Jenis-jenis bangun ruang sisi datar
2. Balok
3. Prisma
gambar-gambar tersebut merupakan refleksi dari bangun ruang sisi datar. namun pada Web Based Lesson ini, hanya difokuskan pada balok.
2. guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan pengertian dan unsur-unsur balok, lalu bersama-sama menyimpulkan apa itu pengertian dan unsur-unsur balok.
Balok
- Panjang
adalah rusuk terpanjang dari alas balok.
- Lebar
adalah rusuk terpendek dari sisi alas balok.
- Tinggi
adalah rusuk yang tegak lurus terhadap panjang dan lebar balok.
Ciri-ciri balok, antara lain:
1. Balok merupakan bangun ruang yang dibatasi 6 persegi panjang dimana 3 persegi panjang kongruen,
2. Balok mempunyai 6 sisi berbentuk persegi panjang,
3. Balok mempunyai 3 pasang bidang sisi berhadapan yang kongruen,
4. Balok mempunyai 12 rusuk,
5. 4 buah rusuk yang sejajar sama panjang,
6. Balok mempunyai 8 titik sudut,
7. Jaring-jaring balok berupa 6 buah persegi panjang
untuk pemahaman yang lebih jelas tentang unsur-unsur balok silakan klik di sini
3. Guru memberikan video kepada siswa tentang pembuktian dari luas permukaan balok. Setelah itu, siswa membuktikan rumus luas permukaan balok menggunakan video tersebut.
Luas permukaan Balok
berikut ini video yang menunjukkan bagaimana menemukan luas permukaan balok dengan menggunakan jaring-jaring balok.
(video pembuktian luas permukaan balok dari menit 06.40-09.10)
sehingga disimpulkan
untuk uraian singkat luas permukaan balok
4. Guru memberikan video kepada siswa tentang pembuktian dari volume balok. Setelah itu, siswa membuktikan rumus volume balok menggunakan video tersebut.
berikut ini video yang menunjukkan bagaimana menemukan volume balok dengan menggunakan kubus satuan.
untuk penjelasan lebih rinci atau uraian singkat tentang volume balok
sehingga dapat disimpulkan :
5. siswa dibantu oleh guru bersama-sama menyimpulkan materi yang dipelajari, kemudian guru memberikan latihan seputar materi balok yang telah dipelajari agar menambah pemahaman siswa.
Latihan Soal:
animasi :
6. Guru dapat menggunakan games online sebagai refreshing untuk menambah pemahaman dan melatih logika.
Game :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
welcome to my blog. please enjoy it.... sankyu