Translate

Laman

Selasa, 12 Agustus 2014

PMRI - Multifungsi Tali Rapiah

hi readers,,,,, lama gak ada posting. Saat semester 3 lalu dosen masuk ke kelas dan membawa tali rapiah. well, bukan untuk dibuat kerajinan tangan atau mengikat sesuatu tapi sebagai media dalam mengajarkan matematika. Bagaimana bisa? dan materi apa yang bisa kita ajarkan dengan menggunakan tali rapiah? dan ternyata ada beberapa loh.

tali rapiah ini digunakan untuk siswa belajar sambil mempraktekan langsung. langkah awal siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil atau bisa juga sepasang alias minimal dua orang. setiap kelompok diberikan tali rapiah sepanjang 1 meter. Jangan langsung dibagikan tetapi minta siswa mengukur dan memotongnya sendiri (satu gulungan tali rapiah bisa digunakan untuk satu kelas) tanpa menggunakan meteran. Prosesnya :
1. Minta siswa untuk menggunakan alat ukur apapun yang bisa digunakan di dalam kelas. Kami menggunakan keramik lantai untuk mengukur satu meter tali rapiah. 
2. Kemudian siswa secara berkelompok diminta untuk mengukur tinggi badan salah satu temannya di dalam kelompok, cara apapun dipersilakan. 
3. Siswa diminta mempresentasikan cara mereka di depan kelas. Tidak semua kelompok mempunyai cara yang sama. cara-cara yang berbeda inilah yang dipresentasikan.

Dari kegiatan mengukur menggunakan keramik lantai dan mengukur tinggi badan. Materi apa yang bisa kita ajarkan melalui proses tersebut ???


masih menggunakan tali rapiah yang satu meter tadi, minta siswa untuk membagi tali rapiah menjadi dua bagian kemudian diikat setiap membaginya. tali rapiah yang dibagi menjadi dua bagian kemudian bagi lagi menjadi dua bagian yang sama di setiap bagiannya. ulangi langkah yang sama dua sampai tiga kali. atu bisa juga tali rapiah yang satu meter tadi dibagi menjadi tiga bagian yang sama dengan cara diikat, bagi lagi setiap bagiannya menjadi tiga bagian yang sama dengan cara diikat. hitung banyak sisi antara ikatan setiap habis dibagi.

Materi apa yang bisa kita ajarkan ???


terakhir namun bukan yang terakhir. Tali rapiah yang telah diikat-ikat tadi bentuk menjadi bangun datar. hal ini dapat menjadi praktek langsung untuk materi bangun datar. Sebenarnya masih masih ada materi lain yang bisa dimainkan dengan tali rapiah ini, sesuai dengan kreativitas setiap guru.
 
Selesai sudah postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat
 
Note : maaf, blogger tidak bisa menyertakan gambar tali untuk setiap langkah karena sudah lama dan sedang tidak ingin membuat ulang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

welcome to my blog. please enjoy it.... sankyu