PIZZA,,
salah satu makanan yang banyak digemari, apalagi dengan varians rasa yang
bertabur diatasnya,,, siapa yang sangka PIZZA bisa dijadikan contoh problem
dalam PMRI… Gak Percaya????


Mereka
membagi satu pizza menjadi empat bagian yang sama rata..
PIZZA dapat dijadikan context yang bagus dalam
mengajarkan Pecahan kepada siswa,,, misalnya ada problem, empat sekawan sedang
sangat ingin makan PIZZA,, jadi mereka memutuskan untuk mengumpulkan semua uang jajan mereka untuk membeli PIZZA, tapi sayang mereka hanya mampu membeli 3 PIZZA ,,, cara apa yang mereka gunakan untuk membagi PIZZA tersebut sama rata
tanpa mempedulikan rasa sehingga mereka semua mendapat bagian yang sama??????
Tuh kan ada problem dalam PIZZA ,,, PIZZA-nya hanya tiga tapi harus
dibagi untuk empat orang dan sama rata,,, berikut beberapa cara yang mungkin
keempat sekawan itu lakukan untuk menyelesaikan problem ini…
Kita anggap lingkaran ini sebagai PIZZA utuh…
Cara I :



Sehingga
setiap orang mendapat mendapat
Orang pertama : ¼ + ¼ + ¼ = ¾
Orang kedua : ¼ + ¼ + ¼ = ¾
Orang ketiga : ¼ + ¼ + ¼ = ¾
Orang keempat : ¼ + ¼ + ¼ = ¾
Dengan begitu
setiap orang mendapat ¾ bagian
Cara II :
Setiap satu
lingkaran pizza dipotong ¼ bagiannya
Cara III:
Membagi dua pizza
menjadi masing-masing dua bagian yang sama dan satu pizza sisanya dibagi
menjadi 4 bagian yang sama
Itulah kemungkinan cara-cara yang
digunakan keempat sekawan tersebut untuk membagi pizza tersebut sama rata,,,
anda bisa menambahkan kemungkinan-kemungkinan cara yang bisa digunakan jika
anda memiliki cara-cara lainnya untuk menyelesaikan problem pizza ini, dan model-model dari pizza ini dapat diperindah dengan memberi warna pada model-model tersebut.
terima kasih telah membaca postingan saya ini ...
bagus nih.. biar nanti kita ganti dengan martabak
BalasHapusterima ksih,, martabak ide yang bagus dan pasti mudah bagi siswa untuk memahami context martabak, karena dalam PMRI context-nya bisa apa saja,yang penting familiar bagi siswa dan modelnya bisa dibawa/diterapkan ke dalam kelas sehingga siswa dapat memahami basic untuk menyelesaikan suatu masalah sebelum mereka mereka akhirnya mereka diperkenalkan/menggunakan cara formal (formula/rumus)
Hapus