Translate

Laman

Selasa, 30 April 2013

CONTOH PMRI : MASALAH & PIZZA

PIZZA,, salah satu makanan yang banyak digemari, apalagi dengan varians rasa yang bertabur diatasnya,,, siapa yang sangka PIZZA bisa dijadikan contoh problem dalam PMRI… Gak Percaya???? 




PIZZA dapat dijadikan context yang bagus dalam mengajarkan Pecahan kepada siswa,,, misalnya ada problem, empat sekawan sedang sangat ingin makan PIZZA,, jadi mereka memutuskan untuk mengumpulkan semua uang jajan mereka untuk membeli PIZZA, tapi sayang mereka hanya mampu membeli 3 PIZZA ,,, cara apa yang mereka gunakan untuk membagi PIZZA tersebut sama rata tanpa mempedulikan rasa sehingga mereka semua mendapat bagian yang sama?????? 

Tuh kan ada problem dalam PIZZA ,,, PIZZA-nya hanya tiga tapi harus dibagi untuk empat orang dan sama rata,,, berikut beberapa cara yang mungkin keempat sekawan itu lakukan untuk menyelesaikan problem ini…
 Kita anggap lingkaran ini sebagai PIZZA utuh…
Cara I :
Mereka membagi satu pizza menjadi empat bagian yang sama rata..


Sehingga setiap orang mendapat mendapat
Orang pertama  : ¼ + ¼ + ¼ = ¾
Orang kedua     : ¼ + ¼ + ¼ = ¾
Orang ketiga     : ¼ + ¼ + ¼ = ¾
Orang keempat  : ¼ + ¼ + ¼ = ¾
Dengan begitu setiap orang mendapat ¾ bagian

Cara II :
Setiap satu lingkaran pizza dipotong ¼ bagiannya

















Cara III:
Membagi dua pizza menjadi masing-masing dua bagian yang sama dan satu pizza sisanya dibagi menjadi 4 bagian yang sama















Itulah kemungkinan cara-cara yang digunakan keempat sekawan tersebut untuk membagi pizza tersebut sama rata,,, anda bisa menambahkan kemungkinan-kemungkinan cara yang bisa digunakan jika anda memiliki cara-cara lainnya untuk menyelesaikan problem pizza ini, dan model-model dari pizza ini dapat diperindah dengan memberi warna pada model-model tersebut.


terima kasih telah membaca postingan saya ini ...


2 komentar:

  1. bagus nih.. biar nanti kita ganti dengan martabak

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima ksih,, martabak ide yang bagus dan pasti mudah bagi siswa untuk memahami context martabak, karena dalam PMRI context-nya bisa apa saja,yang penting familiar bagi siswa dan modelnya bisa dibawa/diterapkan ke dalam kelas sehingga siswa dapat memahami basic untuk menyelesaikan suatu masalah sebelum mereka mereka akhirnya mereka diperkenalkan/menggunakan cara formal (formula/rumus)

      Hapus

welcome to my blog. please enjoy it.... sankyu